Memahami Anak

  • 0

Memahami Anak

Category : UPDATES

Untuk semakin memahami anak, kita masuk dalam teori Dr. Gary Chapman tentang lima bahasa cinta anak.

  1. Kata-kata (Word of Affirmation). Memberikan kata-kata yang membuat anak bahagia. Seorang anak merasa disayang jika mendapatkan pujian dan kata-kata yang memberi semangat.

  2. Sentuhan (Physical Touch). Seorang anak merasa disayang jika mendapatkan sentuhan dengan penuh kasih, sesering mungkin dan pada saat tertentu.

  3. Hadiah (Receiving Gifts). Memberikan hadiah untuk apresiasi kepada anak. Bagi yang bahasa kasihnya hadiah, kejutan-kejutan kecil akan sangat menyenangkan untuk dirinya. Namun, bukan berarti hadiah harus selalu dalam bentuk barang yang mahal. Kreativitas, usaha Anda untuk mendapatkannya, dan unsur kejutannya punya peranan penting.

  4. Quality Time (saat-saat yang berkesan). Fokus pada anak untuk senang-senang atau aktivitas bersama pada waktu tertentu. Pastikan Anda “hadir” setiap kali sedang bersamanya. Bukan hanya hadir secara fisik, tetapi juga perhatian Anda.

  5. Pelayanan (Acts of Services). Melayani anak: saat sakit, saat butuh bantuan, saat ingin berkemah, piknik, saat berangkat sekolah. Misalnya membersihkan rumah, membuat rumah tampak rapi, menyiapkan sarapan dan makan malam, menyetrika bajunya, mengantar ke tempat bermain atau ke tempat lain.

Sistem keluarga bisa layu, dan perkembangan anak – anak menjadi tidak seimbang, kecuali jika hubungan dalam keluarga dibentengi dan diberi kesempatan untuk berkembang dan tiap anggota keluarga memiliki kesempatan untuk berkembang (Virginia Satir).

Galilah bakat, perasaan, minat, dan kebutuhan anak, dan secara halus luaskan cakrawala mereka dengan membantu mereka merasa lebih aman dengan diri mereka sendiri. Pengetahuan tentang anak ini akan memperkaya khasanah wawasan kehidupan kita sendiri, selain akan menguatkan interaksi seluruh keluarga.

Please follow and like us:

Parenting Quotes